Ledakan Itu Melukai Kita - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 27 Maret 2021

Ledakan Itu Melukai Kita

Ilustrasi by Merdeka.com

Ledakan dan kepulan asap itu bukan hanya membuat jarak pandang menjadi buram. Namun, yang lebih buram dari itu semua adalah jarak pandang kita terhadap sejarah Gereja Katedral Makassar yang hari ini telah di nodai dan di lukai oleh orang yang tak bertanggung jawab padahal kita punya lembaran sejarah yang cukup bersahabat.

Makassar adalah kota dagang yang dengan sendirinya membuka diri tuk bergaul dan menerima kedatangan bangsa dengan berbagai latar yang secara implikasi berarti membuka diri tuk melayani perbedaan baik suku, agama maupun level ekonomi. Tapi, prinsip hidup yang berkesetaraan menjadi landasan dalam menjamin segala bentuk perbedaan.

Kehadiran Pastor Antonio do Reis, Cosmas de Annunciacio, Bernardinode Marvao, dan seorang bruder mendapat penerimaan yang baik nan bersahabat dari kerajaan. Sikap baik itu menjadi bukti bahwa masa lalu yang indah terjadi antara para pastor dan pihak bangsawan di Makassar. Yang mesti diingat dulu bukan hanya kalangan Katolik yang berasal dari Eropa yang dilayani para pastor justru ada beberapa bangsawan dan raja telah dibaptis.

Kabut asap yang mengepul di langit Makassar oleh aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar telah melukai nilai-nilai baik yang teramat dijunjung tinggi tak ada alasan dengan dalih apapun untuk membenarkan kejadian itu.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here