Ketua Umum HMPS Ilmu Hadis Mengutuk dan Tidak Mentolerir Tindakan Bom Bunuh Diri Yang Terjadi di Gereja Katedral Makassar Minggu 28 Maret 2021 - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 29 Maret 2021

Ketua Umum HMPS Ilmu Hadis Mengutuk dan Tidak Mentolerir Tindakan Bom Bunuh Diri Yang Terjadi di Gereja Katedral Makassar Minggu 28 Maret 2021

 

Ketua Umum HMPS Ilmu Hadis Sahrul 


Sebelumnya kami dari pengurus harian himpunan mahasiswa program studi ilmu hadis ingin mengucapkan belasungkawa yang mendalam terhadap korban bom bunuh diri di Gereja katedral Makassar semoga badai ini cepat berlalu.

Sebagai mahasiswa ilmu hadis tentunya kami mencoba melihat pemboman atau tindak bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar dengan perspektif hadis.

Hadis yang coba kami angkat adalah salah satu hadis yang cukup familiar yang ada di (hadis arba'in) yang menjadi konsumsi mahasiswa ilmu hadis setiap harinya.

Dari Abu Sa’id Al Khudri radiallahuanhu berkata : Saya mendengar Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa yang melihat kemungkaran maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka (tolaklah) dengan hatinya dan hal tersebut adalah selemah-lemahnya iman. (Riwayat Muslim).

Didalam hadis tersebut jelas tentang sebuah perintah memerangi kemungkaran, selain itu kita dituntut untuk mengubah kemungkaran berdasarkan dengan tupoksi yang dimiliki.

Merubah dengan tangan, dapat kami simpulkan bahwa mengubah dengan kekuasaan dalam hal ini pemerintah mampu berperan aktif dalam memberikan solusi peristiwa tersebut apakah terkait dengan pengusutan ataupun pencegahan kejadian yang sama nantinya.

Merubah dengan dengan lisan, dapat kami artikan melalui jalur instruksi dalam hal ini tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk bagaimana bisa lebih aktif lagi memberikan edukasi terkait dengan bahaya yang ditimbulkan dengan tindakan bom bunuh diri yang termasuk aksi terorisme.

Merubah dengan hati mungkin menjadi kewajiban kita semua, termasuk melantunkan doa dan semacamnya oleh karena itu mari mendoakan agar tidak terjadi peristiwa yang serupa dimanapun itu.

Di hadis yang lain dijelaskan tentang larangan tentang aksi bunuh diri termasuk tindak bom bunuh diri tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang bunuh diri dengan menggunakan suatu alat/cara di dunia, maka dia akan disiksa dengan cara itu pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tindak bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar merupakan tindakan yang sangat terkutuk dan tidak manusiawi apalagi dilakukan disebuah rumah ibadah, disamping mengancam nyawa masyarakat sekitar juga berpotensi akan memecah belah persatuan dan kesatuan ummat beragama karena tidak bisa dipungkiri akan timbulnya fitnah adu domba.

Oleh karena itu kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar kiranya tetap waspada dan jangan mudah terprovokasi atas tindakan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here