Karena Fakta Harus Terbuka Di Persidangan, Bukan Kabur Dari Persidangan - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 17 Maret 2021

Karena Fakta Harus Terbuka Di Persidangan, Bukan Kabur Dari Persidangan

 

Ilustrasi by Pojoksatu.id

Penggalan lirik lagu yang sering dinyanyikan oleh Iwan Fals "Jangan Tidur Saat Sidang" menggambarkan kondisi wakil rakyat yang sering tertidur saat sidang yang membahas kepentingan publik.

Bila lagu "Wakil Rakyat" menjadi sindiran bagi yang sering bersidang namun tertidur, maka tuk yang kabur dari persidangan semestinya dapat juga digubah lagu yang demikian.

Persidangan menjadi ajang pembuktian dan pembeberan fakta untuk melihat apa yang sesungguhnya terjadi terkait permasalahan hukum. Bagi yang mengalami kasus hukum proses pengadilan bukan semata mendapatkan penetapan masa hukuman yang harus dijalani. Namun, proses pengadilan dapat memberikan kesempatan membela diri dan memberikan fakta yang terjadi.

Kabur dari persidangan bukan semata mencoreng wibawa penegakan hukum, namun etika bagi yang melakukannya dipertanyakan. Tak ada yang dapat membenarkan kelakuan yang demikian. Karena, persidangan bukanlah permainan petak umpet bahwa yang fakta dan yang benar harus disembunyikan. Justru yang benar dan yang fakta harus ditunjukkan kepada publik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here