Antara Buku dan Foto Sebagai Perekam Jejak Sejarah - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 10 Maret 2021

Antara Buku dan Foto Sebagai Perekam Jejak Sejarah

Ilustrasi by IG: Kangmaman1965


Manusia memiliki dua kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh binatang dan tumbuhan, yaitu berbicara (bahasa) dan menulis. Secara historis, kemampuan berbicara mendahului kemampuan menulis. Ketika manusia mulai mencandra realitas di luar diri, lalu manusia berupaya memaknai objek diluar dirinya, maka sejak saat itulah manusia mengenal bahasa. Pengenalannya terhadap bahasa menggiring manusia pada suatu sistem yang mengikat setiap individu-individu lainnya, atau bisa disebut sebagai komunal. Melalui perjalanan waktu yang panjang dan kecakapan manusia dalam berpikir, membuat komunal bermetamorfosis menjadi negara hukum.

Karena manusia adalah makhluk yang senantiasa mengantisipasi masa depannya, maka manusia merasa membutuhkan sesuatu untuk menyanggah masa lalunya agar senantiasa ada dalam perjalanan sejarah kehidupan manusia. Lahirlah tulisan sebagai salah satu modus manusia untuk menjaga atau mengabadikan hal yang dianggapnya krusial.

Perkembangan pemikiran manusia dari suatu abad ke abad lainnya mengakibatkan revolusi dalam kehidupan manusia. Kita mengenal zaman pencerahan di Eropa Barat sebagai terobosan bagi kehidupan manusia, yakni munculnya industrialisasi dalam proses modernisasi di Barat. Lahirnya industrialisme di Barat menandakan lahirnya fotografi.

Foto sebagai pengutip realitas yang menahan aliran waktu dan menangkap gerak dan memotong peristiwa adalah suatu modus perekam jejak perjalanan manusia.

Buku dan Foto sebagai perekam sejarah memiliki pijakan atau landasannya masing-masing, namun keduanya dapat berkelindang. Jika Buku merekam sejarah melalui deskripsi tulisan, maka foto merekam sejarah melalui deskripsi visual. Buku dan foto sebagai teks sejarah melukiskan.


M. Julkarnain


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here