Trik Menjaga Kesehatan Gigi - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 06 Februari 2021

Trik Menjaga Kesehatan Gigi

Ilustrasi by Rencanamu.id

Pada masa pandemi covid 19 ini, ada banyak situasi yang terkena dampak. Salah satunya adalah perawat gigi dan dokter gigi yang kliniknya tidak beroperasi seperti biasanya dan pasien yang datang menjadi terbatas. Hanya pasien yang sudah janjian dengan dokter gigi saja.


Nah, kenapa sih klinik gigi dibatasi pengoperasiannya dimasa pandemi covid 19 ini? Ya, karna salah satu penyebaran atau penularan covid 19 itu dari mulut. Yang membuat anjuran untuk pengoperasian klinik terbatas agar tingkat penyebaran covid 19 menurun dan cepat berlalu. Jika ada pasien yang memang sangat membutuhkan perawatan dari klinik. Harus melengkapi APD termasuk biaya APD untuk dokter untuk menghindari penyebaran covid 19.


Di masa pademi ini bagaimana sih cara-cara kita agar menjaga kesehatan gigi kita secara mandiri. Karena, pengoperasian klinik gigi terbatas dan rasa ketakutan kita keluar rumah dengan waktu yang lama pada saat pandemi ini. Saya sebagai calon perawat gigi akan membagikan sedikit ilmu yang saya dapat selama belajar mengambil jurusan keperawatan gigi. Nah, salah satu cara sederhana merawat gigi.


    1. Sikat gigi dengan benar


Gimana sih cara sikat gigi yang benar. Untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan minuman kita, dokter gigi menyarankan menyikat gigi secara teratur 2x sehari semalam. Pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Disini ada penegasan pada saat malam harinya setelah kita menyikat gigi itu kita tidak diperbolehkan ngemil lagi ya. Terus cara sikat giginya mulai pada gigi bagian depan(anterior) terdiri dari insisivus 1 dan insisivus 2, premolar 1 dan premolar 2. Setelah bagian depan kita kebagian belakang gigi (posterior) terdiri dari molar 1 molar 2 dan molar 3.


  2. Ganti sikat gigi secara berkala


Mengganti sikat gigi secara berkala juga sangat penting agar bakteri yang ada di sikat gigi tidak pindah ke gigi. Jika sudah lama menggunakannya dan mengganti sikat gigi itu setiap 3 bulan sekali ya.


  3. Makan dengan baik


Pada masa pandemi covid 19 ini, makanan sangat dibutuhkan untuk menjaga imun pada tubuh kita. Tapi perlu kita ketahui teman-teman jauh sebelum pandemi ini muncul saya sebagai calon perawat gigi diajarkan bahwa makanlah makanan yang sehat. Karena itu menjadi salah satu faktor menjaga kesehatan gigi. Salah satunya adalah makan sayur-sayuran buah dan protein yang dapat meningkatkan kesehatan gigi kita.


   4. Menghindari cemilan yang manis


Siapa bilang yang manis itu baik tidak semua manis itu baik untuk kesehatan gigi kita, teman-teman yang manis biasanya berakhir tragis. Untuk menjaga kesehatan gigi agar bisa menunjukkan senyum manis dengan gigi yang indah berseri agar mengurangi makanan-makanan yang manis seperti coklat permen. Karena, itu bisa menyebabkan gigi kita berlubang karies (karang gigi) ditambah lagi kita jarang sikat gigi. Bau mulut menghampirimu teman-teman maka sempurnalah penderitaan kita di masa pandemi covid 19 ini.


Mau senyummu berseri sepanjang hari, terhindar dari bau mulut meski masa pandemi covid 19. Mulailah dari hal-hal sederhana dari kebiasaan- kebiasaan sederhana di rumah aja juga bisa kok tidak perlu mahal. Kita mulai dari diri sendiri yang memiliki kesadaran. Supaya senyum berseri gigi yang indah dan terhindar dari bau mulut apalagi saat memakai masker kan berbahaya jika mencium bau mulut sendiri kan teman-teman.


Mari senyum manis di masa pandemi covid 19's. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here