Selamat Tahun Baru Imlek, Mari Kuatkan Ikatan kebudayaan Antar Warga Bangsa - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 12 Februari 2021

Selamat Tahun Baru Imlek, Mari Kuatkan Ikatan kebudayaan Antar Warga Bangsa

Ilustrasi by Team Fides Channel


Perayaan tahun baru menjadi awal dari pengharapan. Bagi warga keturunan Tionghoa di Indonesia merayakan Imlek menjadi ekspresi budaya segaligus memperkaya kebudayaan bangsa.


Indonesia menjadi satu diantara sekian banyak negara yang memiliki kedekatan kultural dengan peradaban Tiongkok. Proses perdagangan menjadi bagian yang menyediakan ruang terjadinya interaksi itu.


Lewat hubungan dagang di masa lalu antara kerajaan-kerajaan Nusantara dan Tiongkok yang telah terjalin erat. Proses asimilasi budaya terjadi diantara keduanya. 


Sudah menjadi hal yang lumrah antara dua kebudayaan saling berasimilasi membentuk kekhasan. Bagi warga keturunan Tionghoa di Indonesia ikatan akan keindonesiaan teramat kuat. Memberi arti bagi keindonesiaan telah lama mereka lakukan dan ruang kewargaan melibatkan mereka dalam kebersamaan.


Budaya tahun baru Imlek memberikan inspirasi bagi khazanah keragaman yang hidup bersemi di tanah Pertiwi. Sikap mengambil inspirasi dari kebudayaan yang hidup dalam masyarakat guna menguatkan kebudayaan nasional.


Warga Indonesia keturunan Tionghoa telah banyak memberikan kontribusi bagi negara. Lihat saja bila pertandingan badminton ada banyak warga Indonesia keturunan Tionghoa yang mengambil peran tuk mengibarkan dan mengharumkan "Merah-Putih".


Kontribusi yang juga sangat signifikan di dunia bisnis telah ditorehkan oleh warga Indonesia keturunan Tionghoa. Ada banyak perusahaan yang mereka kelola memberikan lapangan pekerjaan bagi sesama warga bangsa.


Bila perayaan Imlek para pekerja atau mitra-mitra kerja mereka akan turut merasakan kebahagiaan. Cerita para pekerja diperagakan tahun baru Imlek yang dapat bonus memberikan gambaran betapa warga Indonesia keturunan Tionghoa memiliki kedekatan dan hidup saling berbagi kepada sesama.


Bagi seluruh warga bangsa Indonesia tanpa terkecuali mari jadikan tahun baru Imlek sebagai bagian dari khazanah kebudayaan bangsa. Selamat merayakan tahun baru Imlek mari kuatkan ikatan kebudayaan antar warga bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here