Pena Bedah Sang Dokter Wanita Arab, Nawal El Saadawi - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 11 Februari 2021

Pena Bedah Sang Dokter Wanita Arab, Nawal El Saadawi

 

Ilustrasi by Ensiklopedi Islam Untuk Pelajar 

Sensitivitas sebagai seorang dokter telah menuntun Nawal El Saadawi menguraikan penyakit yang diderita kaum perempuan Arab. 


Kepiawaian menggunakan pisau bedah telah menyelamatkan hidup seseorang. Namun, kepiawaian menggoreskan pena mampu menyelamatkan ribuan nyawa. Yang selama ini mengalami penderitaan tanpa pernah mendapatkan perhatian dan pengobatan.


Wujud kepedulian Nawal El Saadawi terhadap penderitaan kaum perempuan disuarakan dalam bentuk tulisan. Salah satu tulisan yang membuat namanya berdering bak sirine ruang pembedahan adalah "al-Wajh al-Aril al-Mar'ah al-Arabiyyah".


Torehan pena Nawal El Saadawi berbuah tekanan bahkan berujung pemenjarahan. Namun, bagi seorang Nawal El Saadawi yang menguasai pisau bedah dan pena itu tidak akan menyurutkan langkahnya. Pengalaman selepas di penjara dituangkan dalam tulisan "Catatan dari Penjara Perempuan".


Nawal El Saadawi juga menyadari pentingnya melakukan perjuangan membela hak perempuan. Lewat AWSA "Arab Women's Solidarity Association" Nawal El Saadawi berjuang demi perempuan Mesir dan Arab. Nawal El Saadawi juga menerbitkan Jurnal Nun. Namun, oleh pemerintah Mesir jurnal tersebut diberhentikan.


Perjuangkan kaum perempuan yang disuarakan Nawal El Saadawi mewakili kondisi-kondisi perempuan Arab-Islam yang mengalami ketidakberpihakan dari kebijakan pemerintah dan kekuasaan seorang laki-laki. 


Nawal El Saadawi menjadi contoh bagi kegigihan perjuangan kaum perempuan segaligus menjadi salah satu tokoh feminisme Islam kontemporer. Karya-karya Nawal El Saadawi telah banyak diterbitkan dalam bahasa Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here