Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga Berbasis Lokal, Dosen Ekonomi Unismuh Gelar PKM di Galesong Takalar - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 24 Februari 2021

Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga Berbasis Lokal, Dosen Ekonomi Unismuh Gelar PKM di Galesong Takalar

 

Fak. Ekonomi dan Bisnis Unismuh Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

MAKASSAR - Sebanyak 21 orang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).


Kegiatan dengan tajuk "Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga Berbasis Potensi Lokal" ini dilakukan di Desa Galesong Baru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.


Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh, Syarthini Indrayani, SE., M. Si mengatakan bahwa Desa Galesong Baru merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Meski desa ini notabene bukanlah ibukota Kecamatan, desa ini terbilang cukup ramai. 


Kegiatan PKM


"Aktivitas penduduk cukup beragam, mulai dari nelayan, petani, pegawai negeri maupun swasta, serta pelaku usaha. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh di Desa Galesong Baru ditemukan bahwa seperempat penduduk Desa belum memiliki pekerjaan. Pandemi Corona menjadi salah satu penyebab tingginya angka penduduk yang tidak bekerja," kata Syarthini Indrayani, SE., M. Si dalam rilisnya, Kamis (25/2/2021).


Lanjut dia bahwa pihaknya menilai, salah satu kondisi inilah yang kemudian menjadi dasar kami melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Galesong Baru. 


Kegiatan PKM


"Desa Galesong Baru memiliki banyak potensi lokal yang dapat di olah dan bernilai jual. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat membuka wawasan dan memberikan semangat baru kepada penduduk, khususnya rumah tangga untuk dapat mengolah dan mengelola potensi lokal yang ada disekitarnya," tambahnya.


Ia mengatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat ini berkat kerjasama dan sinergitas rekan sejawat dosen dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.


"Juga kegiatan ini mendapatkan dukungan dari institusi perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat, juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh. Kegiatan ini diharapkan tidak berhenti sampai disini, namun berlanjut pada kegiatan-kegiatan selanjutnya berupa pelatihan dan pendampingan masyarakat dalam pelaksanaan ide usahanya," pungkasnya.


Dalam kegiatan ini ada beberapa materi di sajikan diantaranya Ide Bisnis Rumahan di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Potensi Lokal, Prinsip-prinsip Syariah dalam Kegiatan Ekonomi Produksi, dan Distribusi dan Keuntungan Hasil Industri Rumah Tangga yang dipandu langsung Moderator Agusdiwana Suarni.,SE.,M.Acc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here