Naguib Mahfouz - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 09 Februari 2021

Naguib Mahfouz

 

Wikipedia.org

Tokoh sastrawan Muslim yang lahir di tanah Piramida Mesir. Karya-karya Naguib Mahfouz banyak mengambil latar kehidupan masyarakat kecil di kota metropolitan Kairo.


Naguib Mahfouz pernah menempuh pendidikan filsafat di Universitas Kairo. Perjumpaan pikiran dengan sastrawan dan pemikir dunia seperti Balzac, Tolstoy, Zola, Camus, Dostoevsky dan Proust. 


Penggalian akan kehidupan orang-orang kecil diperoleh oleh Naguib Mahfouz lewat percakapan warung kopi. Ada banyak masalah-masalah sosial muncul dan mengisi percakapan demi percakapan.


Tahun 1988 Naguib Mahfouz dianugerahi hadiah Nobel sastra. Segaligus menjadi sastrawan Arab yang pertama menerima hadiah Nobel. Karya-karya Naguib Mahfouz seperti Abas al-Aqdar, Kifah thibah, Zuqaq al-midaq, Bain al-qasrain, qasr asy-syauq, al-liss wa-alkilab, as-summan wa al-kharif, at- Tariq, asy- syahhaz dan Qasytamar.


Perjalanan Naguib Mahfouz sebagai sastrawan tidaklah mudah apalagi dengan adanya otoritas keagamaan yang memberikan stempel pelarangan. Membuat nasib karya-karya sastrawan mengalami kendala beredar luas.


Istilah bahwa Islam mampu menjaga kitab suci. Namun, bagi karya-karya ilmuwan, pemikir dan sastrawan tidak mengalami nasib yang seperti itu. Terkadang karya-karya mereka harus disita dan dihanguskan.


Naguib Mahfouz satu diantara tokoh Islam yang kukuh dalam berkarya mesti mengalami banyak cobaan termasuk harus dicopot dari posisinya sebagai Ketua Institut Cinema. 


Semoga para cendekiawan Muslim tetap tegar mengikuti jejak para pendahulu yang gigih dalam berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here