Menjahit - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 07 Februari 2021

Menjahit

Ilustrasi by Kompas.com



Standar perempuan berdaya di masa lalu disimbolkan dengan kemahiran/kemampuan dalam menjahit. Gelombang emansipasi yang dipelopori oleh R.A. Kartini dan Dewi Sartika juga memberikan perhatian kepada peningkatan kemampuan bagi perempuan.


Keterampilan yang dimiliki kaum perempuan menjadi bagian dari upaya memajukan kehidupan perempuan di masa lalu. Lewat sekolah-sekolah perempuan dididik guna memiliki kemampuan dan peran seperti laki-laki.


Lembaga pendidikan mulai memberikan ruang pengajaran yang sama antara kaum laki-laki dan perempuan. Sehingga dengan kemahiran yang dimiliki kaum perempuan dapat mengambil peran yang lebih besar dalam ruang publik.


Kehadiran perempuan-perempuan terdidik dalam kancah pergerakan kemerdekaan menjadi bukti betapa efektifnya dunia pendidikan dalam memberikan ruang bagi tampilnya perempuan terdidik.


Satu diantara sekian banyak perempuan Indonesia di masa lalu yang turut merasakan dunia pendidikan yaitu ibu Fatmawati. Yang kelak menjadi istri dari Bung Karno sang proklamator kemerdekaan Indonesia.


Peran ibu Fatmawati menjadi menarik mengingat kemampuan menjahit yang dimilikinya telah mengantarkan merah putih berkibar di tanggal 17 Agustus 1945 yang bersejarah. Bendera hasil jahitan tangan ibu Fatmawati telah memberikan makna yang besar bagi kemerdekaan bangsa.


Hasil jahitan tangan kaum perempuan memberikan kesetaraan di ruang-ruang publik. Fatmawati telah berperan besar di samping menjadi istri bagi Bung Karno. 


Keteladanan ibu Fatmawati menjadi inspirasi bagi anak bangsa bahwa dengan kemampuan yang dimiliki mampu memberikan karya terbaik bagi bangsa.


Hari ini telah banyak sosok-sosok Fatmawati yang terlahir dan memiliki kemampuan yang dapat bermanfaat bagi bangsa Indonesia. 


Semoga bangsa Indonesia masih mengingat bahwa 5 Februari hari lahir Fatmawati sang penjahit Sang Saka Merah Putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here