Masih Mau Mempertahankan Sesuatu Yang Menyakitkan? - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 14 Februari 2021

Masih Mau Mempertahankan Sesuatu Yang Menyakitkan?

 

Ilustrasi By


A. Marsulhani Asmah*


Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati ini

Sepenggal kalimat dalam lagu yang menceritakan atau menggambarkan seseorang yang sedang mengalami sakit hati putus cinta. Dimana seseorang yang rela giginya sakit dari pada hatinya yang sakit. Dalam dunia kesehatan pernyataan ini logis. Karna jika kita sakit gigi ya maka hati pun akan sakit.


Sakit gigi merupakan salah satu masalah yang sangat menganggu dan menyiksa bahkan juga dapat mempengaruhi kesehatan kita secara menyeluruh. Sakit gigi seperti rasa nyeri yang kita rasakan di dalam mulut dan di sekitar gigi.


Rasa sakit gigi yang timbul bisa nyeri yang ringan sampai nyeri parah biasanya kondisi ini disebabkan oleh mulai tumbuh gigi (M3). Gigi bagian belakang, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (nanah didasar gigi), gigi yang mulai retak/patah, tambalan gigi yang lama sudah mulai rusak.


Pada saat mengalami sakit gigi kita sangat sensitif terhadap makanan-makanan yang manis, makanan panas dan dingin bukan hanya itu. Pada saat sakit gigi kita menjadi sensitif terhadap apapun di sekitar kita bahkan suara berisik saja kita akan marah-marah. Ya, separah itulah apabila kita sakit gigi.


Teman-teman jangan sampai menyepelekan sakit gigi. Ada beberapa kasus yang pernah dokter ceritakan waktu saya bekerja di klinik-nya. Salah satunya yaitu sakit gigi yang harus segera di konsultasikan ke dokter tidak boleh disepelekan. Apabila rasa sakitnya sudah lebih dua hari. Adanya pembengkakan entah itu pada gusi maka harus ditangani oleh dokter.


Ada beberapa cara pengobatan yang dilakukan oleh dokter gigi tergantung kondisi gigi seperti Perawatan Saluran akar apabila lubang gigi sudah mencapai pulpa(syaraf gigi) dan melakukan tindakan pencabutan. Jika memang gigi kita tidak ada jalan lagi untuk dipertahankan keberadaannya maka akan dilakukan pencabutan.


Nah, teman-teman dapat mencegah sakit gigi dengan cara membiasakan diri untuk menjaga kesehatan gigi seperti kebiasaan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, melakukan tehnik sikat gigi yang benar(sudah saya jelaskan pada tulisan saya sebelumnya). Selektif dalam memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat serta rutin periksa ke dokter gigi. 

Ayo ke dokter gigi biar bisa move on dari rasa sakit gigi


A. Marsulhani Asmah (Mahasiswi STIKES Amanah Makassar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here