Gerakan Filantropi - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 18 Februari 2021

Gerakan Filantropi

 

Adam Malik*


Philein dan Anthropos, dua kata dalam bahasa Yunani ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna. Cinta dan manusia arti dua kata itu, Karena cinta, manusia dengan naluri kemanusiaannya akan mengulurkan tangan pada sesama. Sehingga mau meluangkan waktu, memberi dengan uang, dan tenaga untuk menolong orang lain.


Dalam berbagai momen kita pernah berada dalam posisi di “beri”. Dan kita akan bertanya mengapa ongkos menjaga persahabatan dan kekeluargaan itu begitu mahal?, Barangkali di antara kita pernah di traktir ngopi, makan, jalan-jalan dll. Ini bukan masalah karena kita berada pada posisi di “beri”. Tetapi, mengapa para orang tua, keluarga, senior, dan sahabat terdekat kita rela melakukan itu? Apakah karena ia cinta?, atau karena ia manusia?. Atau karena sebab tendensi kepentingan?. 


Saya yakin “pemberi” juga tak akan menjelaskan secara runut mengapa ia “memberi”. Tapi saya yakin bahwa orang yang berada dalam posisi “memberi” pasti merasakan kebahagian (happiness) dan definisi sederhananya “In psychology, happiness is a mental or emotional state of well-being which can be defined by positive or pleasant emotions ranging from contentment to intense joy”, itu saja. Dan “pemberi” pun kebingungan menjelaskan.


Publik sudah sering di kejutkan dengan tindakan yang menurutnya tak manusiawi. Kasus korban palestina, dalam setiap momen akan menggerakkan sisi emosional masyarakat untuk memberi. Coba kita amati gerakan filantropi tersebut, bagaimana orang bermai-ramai saling tolong menolong.


Solidaritas gerakan membantu korban gempa Mamuju, banjir di Kalimantan. Bagaimana atas dasar cinta dan kemanusiaan mereka bergerak turun ke jalan, mengumpulkan sesuatu yang dapat di manfaatkan sesamanya di lokasi bencana. Inilah hubungan emosional kemanusiaan kolektif yang di bangun masyarakat. Mereka boleh jadi tak se-agama, tak pernah bertemu bahkan saling kenal pun tidak. Orang akan melakukan kebaikan dengan caranya sendiri. 


Hubungan kemanusiaan melampaui teritori itu semua. Apa lagi kalau bukan karena cinta dan manusia


Adam Malik (Direktur Fides Channel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here