Bekerja, Kala Ilmuwan Tersudut Oleh Dalil Agama - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 06 Februari 2021

Bekerja, Kala Ilmuwan Tersudut Oleh Dalil Agama

Ilustrasi by id.lovepik.com


Ilmuwan meluangkan segenap waktu dan tenaga demi mengerjakan penelitian yang membawa dampak bagi kehidupan.


Kisah para ilmuwan yang rela mengalami kegagalan demi kegagalan hanya untuk menguji coba hasil penelitiannya. Terus dan terus memperbaiki kesalahan telah menjadi rutinitas.


Kerja ilmuwan yang banyak menguras pikiran dan tenaga hanya untuk menghasilkan penemuan yang bermanfaat bagi kehidupan.


Ada banyak kisah sukses dan tidak sedikit juga hasil penelitian ilmuwan berakhir tragis. Bukan dibantah secara ilmiah, namun sisi tragisnya kerja-kerja ilmiah digugurkan dengan dalil agama.


Kisah pembakaran hasil penelitian, buku-buku dan perpustakaan serta tempat kerja-kerja ilmiah. Akan banyak ditemukan dalam lembaran sejarah.


Kerja para ilmuwan yang bertahun-tahun gugur oleh dalil agama. Ilmuwan kadang dimuliakan setinggi langit bila dianggap sejalan dengan dalil agama. Tetapi, tidak sedikit ilmuwan bernasib tragis dan tergilas bersama hasil penelitian berserta temuannya.


Tuduhan bahwa ilmuwan bekerja mengikuti nafsu dan bisikan setan menjadi dalil yang semarak guna memojokkan ilmuwan. Namun, ilmuwan bekerja atas kerangka ilmiah. Sehingga pra-sangka yang tidak berdasar sudah pasti dengan sendirinya gugur.


Tulisan ini, terinspirasi dari kisah-kisah ilmuwan di masa lalu yang harus menerima hasil kerjanya bertahun-tahun raip dilalap si jago merah. Sungguh bila mencermati kisah-kisah mereka, ada semacam kesadaran andai hasil-hasil penelitian tak dimusnahkan kemajuan akan jauh lebih cepat dibandingkan hari ini.


Lalu, masihkah hal yang serupa akan terjadi di masa akan datang? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here