Bangsa Mongol - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 09 Februari 2021

Bangsa Mongol

Ilustrasi by Historia.id


Bangsa penakluk yang mampu membangun kekuasaan yang begitu luas. Menaklukkan daratan demi daratan dari wilayah Cina hingga Timur Tengah.


Hidup dengan cara nomaden yang khas berburu telah mengalami transformasi bagi bangsa Mongol. Kelihaian berburu telah mengilhami cara berperang yang mampu membangun kekuasaan yang luas.


Kekuasaan besar mampu mereka taklukkan. Islam dengan Baghdad sebagai jantung kekuasaan dan ilmu pengetahuan mampu mereka taklukkan. Namun, ada hal yang menarik terkait penaklukan Mongol terhadap daerah Islam.


Bangsa penakluk biasanya menyebarkan kebudayaan baik berupa agama maupun tradisi lainnya. Tetapi, bangsa Mongol berbeda malah anak turunan mereka banyak yang akhirnya menjadi raja segaligus menjadi pemeluk agama Islam.


Cucu Hulagu Khan yang bernama Tagudar masuk Islam dengan nama Ahmad. Kekuasaan dan wilayah taklukan bangsa Mongol diperintah oleh Dinasti Ilkhan segaligus raja-raja berikutnya telah memeluk agama Islam.


Sejarah peralihan kepercayaan anak turunan bangsa Mongol kepada agama bangsa yang ditaklukkan menjadi catatan yang menarik. Mengingat bangsa penakluk cenderung memiliki sikap superior dengan segala bentuk kebudayaan-nya.


Sikap peralihan kepercayaan penguasa dapat juga ditilik lebih jauh. Secara politik berbeda kadang menimbulkan permasalahan. Satu diantaranya sikap antipati yang mungkin akan didapatkan. Namun, akan sangat berbeda bila antara bangsa penakluk dan bangsa taklukan telah menyatu dalam ikatan tertentu. Sehingga lebih mempermudah proses kekuasaan.


Penaklukan bangsa Mongol terhadap daerah kekuasaan Islam menjadi babak awal menurunnya nilai tawar kekuasaan Islam. Segaligus menunjukkan kelemahan atas terjadinya tragedi penaklukan Baghdad.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here