Single Mother - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 20 Januari 2021

Single Mother

Adam Malik*


Lingkungan kita selalu menghadirkan perempuan tangguh yang merangkap peran sebagai ibu, dan tulang punggung ekonomi keluarga. Jika di Indonesia sebutan single mother adalah bahasa halus dari janda atau tidak memiliki suami, maka di Barat, Amerika, dan Australia, single mother memiliki arti beda dari janda. 


Dari berbagai definisi tersebut, kesimpulan yang dapat di ambil bahwa perempuan tunggal dalam keluarga yang fokus mengurus dan membesarkan anak-anak-nya juga harus menjadi lokomotif ekonomi untuk menghidupi diri dan anaknya.


Peran tersebut bukan hal mudah dalam menjalankannya, butuh ketabahan, dan ketulusan bagi para perempuan yang berstatus single mother.


Kita harus mendukung peran urgen mereka, bahwa mereka adalah salah satu inti dalam membangun ketahanan keluarga nasional. Pemerintah harus turut serta dalam melindu mereka dan memberikan layanan fasilitas publik yang mudah bagi mereka.


Para single mother harus menjelaskan secara jujur tentang keadaan mereka pada anak-anak-nya agar mereka memahami dan mengerti tentang kondisi yang sedang di alaminya.


Dengan begitu kita akan sama-sama saling menguatkan. Hal yang kita sangat hindari dari banyak kasus anak-anak terlantar akibat perceraian orang tua dan anak-anak mereka bingung harus ikut siapa.


Adam Malik (Pegiat Literasi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here