KIAT BUGAR DI TENGAH PANDEMI - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 30 Januari 2021

KIAT BUGAR DI TENGAH PANDEMI

 

Ansar CS*

Pandemi covid 19 yang melanda kehidupan manusia sangat mempengaruhi beberapa aspek kesehatan di beberapa daerah. Bahkan sampai sekarang masih terlalu sulit untuk mendapatkan solusi dalam memutus rantai virus corona yang telah muncul di akhir tahun 2019 di cina dan menyebar dengan cepat di beberapa negara tak terkecuali di Indonesia.


Diiketehui bahwa penderitanya akan merasakan kelelahan yang luar biasa, tidur tak nyenyak dan badan terasa lemas. Tentunya ini sangat meresahkan beberapa orang karena akan merasa was was terhadap penyebaran covid 19. 


Akibat dari pandemi di Indonesia terdapat beberapa instansi pemerintah terpaksa bekerja dari rumah masing-masing, seperti para pelajar dan pengajar sudah melakukan pembelajaran daring selama 2 semester ini. 


Sehingga banyak dari masyarakat terganggu dalam melakukan olahraga karena takut keluar rumah untuk berolahraga. Olahraga ditengah pandemi covid-19 tidak mustahil dilakukan. Bahkan semestinya olahraga kian digiatkan untuk lebih menjaga kebugaran tubuh.


Menurut dunia kesehatan bahwa tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat. Dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protocol kesehatan, tentunya olahraga bisa memberikan manfaat besar bagi setiap orang.


Menteri pemuda dan olahraga menerbitkan surat edaran nomor 6.11.1/menpora/VI/2020. Merujuk dari surat edaran yang dikeluarkan sebagai upaya penerapan era new normal yang telah dilakukan seperti sekarang ini. 


Oleh sebab itu, seluruh kompetensi olahraga di Indonesia seperti sepak bola, bola basket dan olahraga tim lainnya banyak ditangguhkan bahkan ada yang di batalkan untuk dimulai kembali sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran covid-19.


Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam upaya tetap bugar selama pandemi:


1. AIR MINERAL


Dalam menunjang kesehatan tubuh, dibutuhkan sekitar 2,5 Liter air putih perhari untuk pria sedangkan untuk wanita dewasa sekitar 2,3 Liter air putih perhari. 


Menurut WHO menyarankan minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk kesehatan umum.

Manfaat minum air putih yang dikaitkan dengan upaya penyembuhan virus corona tidaklah akurat akan tetapi dengan mengomsumsi dan membiasakan minum air, akan menghindarkan dari beberapa penyakit dan membuat tubuh menjadi sehat. 


Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, sehingga menghindarkan dari berbagai penyakit


2. TEMPAT KERJA KHUSUS


Tempat kerja khusus akan mendukung kesehatan seseorang selama periode work from home (WFH). Tempat kerja yang nyaman akan menghindarkan dari stress. 


Usahakan, hindari juga bekerja sambil tengkurap serta hindari bekerja diatas Kasur. Selain tak baik untuk kesehatan, bekerja ditempat yang tidak nyaman dapat mempengaruhi hasil kerja. Sehingga menambah stress apabila pekerjaan tidak terselesaikan.


Tempat terbaik akan mendapatkan hasil terbaik dan kesehatan pikiran


3. BEROLAHRAGA


Meski diharuskan bekerja dirumah tidak berarti olahraga harus ditinggalkan. Sangat penting menyempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 20 sampai 30 menit perhari. 


Untuk Kalian kaum rebahan bisa melakukan olahraga sederhana tanpa alat seperti push up, plank, sit up, lompat bintang dan yoga. Kalian bisa melakukan setiap Gerakan sebanyak 5 kali agar bisa membuat peredaran darah lancar dan membuat tubuh sehat bugar. Untuk contoh gerakannya kaliat bisa melihatnya di youtube. 


4. TIDUR


Tidur yang cukup bisa meningkatkan system kekebalan tubuh kamu. Penelitian sudah menemukan bahwa kurang tidur bisa membuat beberapa vaksin tidak bekerja secara efektif. Tidur yang juga dapat membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Perlu diketahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan depresi atau memperburuk perasaan depresi. Masalah kesehatan mental tersebut sudah dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan gangguan bipolar.

Cara mengatasi sulit tidur di masa pandemic yaitu :

a. Punya jadwal tidur yang teratur

b. Lakukan rutinitas sebelum tidur seperti berendam air hangat

c. Matikan lampu saat tidur

d. Suasana kamar harus nyaman dan tenang

e. Hindari kafein

f. Perbanyak minum air

g. Berolahraga

h. Jauhkan alat elektronik sebelum tidur


5. BERDOA


Di kehidupan ini kita tetap selalu melibatkan Tuhan dalam segala usaha agar dilancarkan tujuannya dan diberi jalan keluar dalam masalah yang dihadapinya. Terkadang ada beberapa hal di dunia ini yang hanya bisa di dapatkan dari keajaiban dan keajaiban bisa di dapatkan, salah satunya dengan berdoa. 


Dalam agama Islam, setiap Muslim dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa agar segala keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT. Doa mempunyai artian membaca, meminta dan memohon pertolongan Allah SWT. Dalam Islam tidak ada doa yang sia-sia karena jika doanya terkabul di dunia maka akan menjadi pahala di akhirat nanti. Tambah banyak doa yang tidak terkabulkan di dunia ini maka tambah banyak pula pahala yang akan didapatkan di akhirat kelak. Perkara doa terdapat anjuran di tiap-tiap agama. Sehingga berdoa memiliki spirit yang menggugah sebagai bagian dari kepenganutan agama.


Berdoa tanpa usaha sama dengan bohong, berusaha tanpa doa itu sombong


Dengan melakukan beberapa tips diatas semoga dapat membantu tetap bugar dalam masa pandemi. Semoga kita semua bisa melewati masa pandemi dengan sehat wal afiat. 

Amin


Ansar CS (Dosen Muda Pengampuh Mata Kuliah Olahraga)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here