HMJ Ilmu Hadis Buat Langkah Kecil, Syahrul Berharap Semua Mahasiswa Memiliki Perasaan Memiliki dan Hak Yang Sama - Fides Channel

www.fideschannel.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 24 Januari 2021

HMJ Ilmu Hadis Buat Langkah Kecil, Syahrul Berharap Semua Mahasiswa Memiliki Perasaan Memiliki dan Hak Yang Sama

Syahrul Ketua HMJ Ilmu Hadis Terpilih


Beredar Pamflet dari group-group WhatsApp hingga akun-akun media sosial yang lain, yang memberikan informasi terkait rekrutmen kepengurusan HMJ Ilmu Hadis.


Lewat pemberitaan yang tertera di pamflet rekrutmen secara jelas memaparkan syarat-syarat untuk menjadi pengurus HMJ Ilmu Hadis dan tahapan seleksi yang mesti dilalui hingga dinyatakan di terima secara sah sebagai pengurus.

Ilustrasi Pamflet by HMJ Ilmu Hadis


Langkah HMJ Ilmu Hadis dalam membuka rekrutmen kepengurusan secara terbuka memberikan pendidikan demokrasi yang paling dasar yakni keterlibatan publik baik keterlibatan secara langsung ataupun secara tidak langsung.


Keterlibatan publik secara langsung dapat dilakukan dengan direkrut untuk mengambil bagian dalam kepengurusan. Yang disesuaikan dengan kemampuan atau keahlian yang dimiliki. Sehingga keterbukaan itu memberikan ruang bagi seseorang menempati posisi yang betul-betul sesuai.


Keterlibatan publik secara tidak langsung dengan adanya keterbukaan rekrutmen kepengurusan telah memberikan ruang bagi publik untuk mengetahui segaligus memberikan pengawasan dalam proses pemilihan dan penempatan seseorang pada posisi tertentu.


Pihak Www.fideschannel.com (25/01/21) berkesempatan melakukan wawancara dengan Syahrul Ketua HMJ Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Alauddin Makassar terkait langkah yang dilakukan HMJ Ilmu Hadis yang membuka rekrutmen kepengurusan secara terbuka.


Syahrul mengutarakan upaya rekrutmen kepengurusan ingin menggalakan dan menghidupkan nilai-nilai demokrasi yang ada di UINAM khususnya di Jurusan Ilmu Hadis. Untuk melibatkan semua mahasiswa jurusan(Ilmu Hadis) guna merasakan pengalaman langsung pahit-manisnya  dalam berorganisasi khususnya di himpunan jurusan.


Harapan sebagai ketua terpilih Syahrul ingin menunjukkan bahwa kontestasi politik praktis itu cuma sampai di hari pemilihan guna menikmati proses dan pendewasaan dalam berorganisasi. Untuk itu antar kompetitor mesti merasakan indahnya saling merangkul untuk himpunan dan jurusan yang lebih baik. Karena, bukan eksistensi yang ingin kami tunjukkan melainkan substansi yang kami perjuangkan dalam berlembaga.


Pihak Www.fideschannel.com sempat melontarkan pertanyaan yang agak sensitif menyangkut praktik bagi-bagi posisi yang kadang dijumpai pasca-pemilihan. Menyangkut masalah itu, Syahrul memberikan uraian bahwa pra-duga semacam itu kerap terjadi. Namun, yang perlu diperhatikan dan diacu oleh setiap ketua-ketua terpilih yakni konstitusi kampus yang menjadi rujukan guna merekrut pengurus yang secara jelas tertera dalam buku saku UINAM.


Tetapi, lagi-lagi kami bicara substansi bukan eksistensi tentu orang yang kemudian kami pilih nantinya untuk duduk sebagai pengurus adalah orang-orang yang memenuhi kualifikasi. Yang mempertimbangkan aspek kemampuan, komitmen, tanggung jawab dan tentunya loyal kepada lembaga. Sejauh menyangkut pra-duga publik biarlah waktu yang akan menjawabnya.


Panitia rekrutmen kepengurusan HMJ Ilmu Hadis membuat semacam link pendaftaran dan didalamnya terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh teman-teman calon pengurus dan beberapa format bagi yang telah dinyatakan lolos berkas.


Syahrul menyadari bahwa himpunan jurusan hanya bagian kecil dalam kampus. Tapi, bukankah perubahan itu lahir dan berkembang dari sesuatu yang kecil


Peserta bakal calon pengurus akan mengikuti screening. Secara detail proses screening akan dilakukan dengan menghubungi peserta yang telah dinyatakan memenuhi kualifikasi. Proses screening yang dilakukan akan mengajukan beberapa pertanyaan yang meliputi hal-hal dasar yang membuat para bakal calon pengurus tertarik menjadi bagian dari kepengurusan dan saat menjadi pengurus kelak sumbangsih apa yang bisa diberikan?

Ilustrasi Pamflet by HMJ Ilmu Hadis


Syahrul menguraikan bahwa kedepannya roda demokrasi yang ada di kampus peradaban (sebutan yang melekat bagi UIN Alauddin Makassar) terkhusus Jurusan Ilmu Hadis dapat kembali menggelorakan demokrasi yang paling dasar yakni keterlibatan publik dan transparansi. Lebih lanjut, Syahrul menyadari bahwa himpunan jurusan hanya bagian kecil dalam kampus. Tapi, bukankah perubahan itu lahir dan berkembang dari sesuatu yang kecil.


Dalam menahkodai Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis Syahrul menginginkan setiap mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis akan merasa memiliki hak yang sama guna mengikis sekat-sekat yang ada. Sehingga birokrasi, himpunan, dan mahasiswa  lebih bersinergi menuju jurusan yang dinamis baik dalam prestasi maupun dalam kebersamaan.


Romo Magnis Suseno menyangkut demokrasi bahwa dalam proses demokrasi kita memilih orang guna mencegah orang yang buruk untuk berkuasa


Upaya yang dilakukan Syahrul sebagai ketua HMJ Ilmu Hadis yang terpilih dengan membuka rekrutmen kepengurusan secara terbuka dapat menjadi oase dalam kehidupan demokrasi kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here